BELAJAR ANIMASI FRAME BY FRAME DAN ANIMASI TWEENING
ANIMASI FRAME BY FRAME DAN ANIMASI TWEENING
- Animasi Frame By Frame
Animasi Frame
by Frame adalah membuat sebuah ilusi pergerakan dari sebuah gambar/objek yang
diam (still image) frame demi frame-nya. Pada materi ini kita akan
mempelajari bagaimana cara membuat objek bergerak melintas pada Stage, merubah ukuran , memutar, mengganti warna dan mengubah bentuk. Ada beberapa istilah dalam pembuatan animasi,
diantaranya adalah :
1. Frame
dapat diumpamakan seperti film, yaitu film merupakan kumpulan gambar yang
dimainkan secara berurutan dengan kecepatan tertentu, sehingga gambar tersebut
terlihat bergerak .
2. Keyframe
adalah frame dimana kalian menentukan perubahan pada tombol atau animasi. Pada
animasi tween, kalian membuat keyframe
hanya pada titik yang penting di dalam Timeline. Keyframe ditandai oleh titik di dalam frame. Keyframe yang tidak berisi gambar di dalam
layer ditandai oleh titik kosong.
3.
BlankKeyframe artinya kita mempersiapkan frame kosong untuk diisi objek
baru, dan apabila kita menggambar
objek, blank keyframe tersebut sudah
berisi objek. Blank keyframe
dilambangkan dengan titik bulat putih pada frame.
Rangkuman dari Animasi frame by frame merupakan animasi yang
paling sederhana, dimana animasinya didapatkan dari rangkaian gambar yang bergantian
ditunjukan, pergantian gambar ini diukur dalam satuan fps (frame per second).
Keyframe adalah frame di mana Anda menentukan perubahan pada tombol atau
animasi. Keyframe ditandai oleh titik di dalam frame. Keyframe yang tidak
berisi gambar di dalam layer ditandai oleh titik kosong. BlankKeyframe artinya
kita mempersiapkan frame kosong untuk diisi objek baru, dan apabila kita
menggambar objek, blank keyframe tersebut sudah berisi objek. Blank keyframe
dilambangkan dengan titik bulat putih pada frame.
Teknik animasi frame by frame juga memiliki beberapa kelemahan, yaitu Membuat file
akan menjadi lebih besar.
- ANIMASI TWEENING
1. Pengertian
Tweening
Tweening
adalah proses membuat sebuah animasi pergerakan dengan cara memberikan
perubahan pada bentuk atau posisi objek dengan menentukan keyframe awal dan
akhir sehingga dapat terbentuk frame-frame baru. Fungsi utama tweening adalah
untuk menggerakkan objek dari satu titik ke titik lainnya.
Animasi
motion tween digunakan apabila kita ingin membuat gerakan animasi yang teratur.
Animasi ini sangat mengurangi waktu karena kita tidak perlu membuat animasi
secara frame per frame. Sebaliknya, kita hanya perlu membuat frame awal dan
frame akhir saja. Dua alasan utama mengapa Animasi motion tween sangat baik
yaitu karena mengurangi pekerjaan mengambar dan meminimalkan ukuran file karena
isi dari setiap frame tidak perlu disimpan.
2. Cara Kerja
Tweening
Prinsip kerja
dari animasi motion tween adalah membuat objek pada frame pertama dan terakhir
saja, sedangkan frame-frame diantaranya akan dibuat secara otomatis. Objek yang
dapat diaplikasikan dalam motion tween adalah objek instance (simbol), group
dan teks. Animasi motion tween biasa digunakan untuk membuat animasi objek
bergerak, berputar, dan mengubah ukuran (skala). Kita hanya perlu menentukan
posisi pertama dan posisi terkakhir obyek.
Pada Adobe
Flash Pro CS5, ada 3 jenis fitur tweening yang digunakan, yaitu Motion Tween,
Shape Tween, dan Classic Tween. Untuk Adobe seri CS3, fitur Motion Tween
berubah menjadi Classic Tween pada seri CS5. Sedangkan pada CS5 ada tambahan
fungsi yang lebih memudahkan pengguna pada fitur Motion Tween, yakni munculnya
garis guide secara otomatis sehingga memungkinkan pengguna untuk melakukan edit
garis guide secara lebih bebas.
3. Contoh
animasi dengan tweening:
Pada kegiatan
ini akan diberi contoh cara pembuatan animasi sederhana menggunakan teknik
tweening. Langkah – langkahnya sebagai berikut :
1) Buka
halaman baru File à New à File Flash à OK
2) Pada menu
Propeties tentukan size atau ukuran stage 550 x 200 pixel, warna Background
Putih dan jumlah Frame per detik 12.
3) Ubahlah
nama untuk Layer 1 dengan nama layer “Bola”.
4) Seleksi
frame 1 pada layer Bola
5) Dengan
menggunakan Oval Tool [O] buatlah lingkaran seperti pada latihan animasi frame
by frame dan le takkan gambar bola di stage sebelah kiri.
6) Klik kanan
pada object dan klik “Convert to Symbol”, kemudian beri nama symbol dengan
bola. Setelah itu klik kanan lagi pada object dan klik “Create Motion Tween”.
Penunjuk timeline merah otomatis akan bergeser ke frame 25. Penunjuk tersebut
bisa digeser ke kanan dan ke kiri untuk menentukan dimana akhir animasi objek
sesuai dengan kebutuhan
7) Klik pada
frame 25 layer Bola , kemudian geser object ke arah kanan,
8) Keadaan
frame setelah ditambah Motion Tween
9) Cek hasil
Movie dengan menekan Ctrl + Enter
10) Anda juga
bisa bereksperimen dengan menambahkan frame setelah frame terakhir, dan
menggeser kembali arah bola ke posisi yang lain.Setelah mencoba praktek
menggunakan Motion Tween, Anda bisa membandingkan dengan hasil animasi frame by
frame. Dari segi hasil, perbedaannya tidak terlalu jauh, tetapi dari segi
proses, penggunaan animasi dengan Motion Tween lebih mudah dan praktis karena
hanya menentukan posisi awal dan posisi akhir dari objek yang akan digerakkan
Komentar
Posting Komentar