BELAJAR ANIMASI FRAME BY FRAME DAN ANIMASI TWEENING

ANIMASI FRAME BY FRAME DAN ANIMASI TWEENING






  • Animasi Frame By Frame

Animasi Frame by Frame adalah membuat sebuah ilusi pergerakan dari sebuah gambar/objek yang diam (still image) frame demi frame-nya. Pada materi ini kita akan mempelajari bagaimana cara membuat objek bergerak melintas pada Stage,  merubah ukuran , memutar,  mengganti warna dan mengubah bentuk.  Ada beberapa istilah dalam pembuatan animasi, diantaranya adalah :

1. Frame dapat diumpamakan seperti film, yaitu film merupakan kumpulan gambar yang dimainkan secara berurutan dengan kecepatan tertentu, sehingga gambar tersebut terlihat bergerak .

2. Keyframe adalah frame dimana kalian menentukan perubahan pada tombol atau animasi. Pada animasi tween,  kalian membuat keyframe hanya pada titik yang penting di dalam Timeline.  Keyframe ditandai oleh titik di dalam frame.  Keyframe yang tidak berisi gambar di dalam layer ditandai oleh titik kosong.

3. BlankKeyframe artinya kita mempersiapkan frame kosong untuk diisi objek baru,  dan apabila kita menggambar objek,  blank keyframe tersebut sudah berisi objek.  Blank keyframe dilambangkan dengan titik bulat putih pada frame.

Rangkuman dari Animasi frame by frame merupakan animasi yang paling sederhana, dimana animasinya didapatkan dari rangkaian gambar yang bergantian ditunjukan, pergantian gambar ini diukur dalam satuan fps (frame per second). Keyframe adalah frame di mana Anda menentukan perubahan pada tombol atau animasi. Keyframe ditandai oleh titik di dalam frame. Keyframe yang tidak berisi gambar di dalam layer ditandai oleh titik kosong. BlankKeyframe artinya kita mempersiapkan frame kosong untuk diisi objek baru, dan apabila kita menggambar objek, blank keyframe tersebut sudah berisi objek. Blank keyframe dilambangkan dengan titik bulat putih pada frame. 
Teknik animasi frame by frame juga memiliki beberapa kelemahan, yaitu Membuat file akan menjadi lebih besar.


  • ANIMASI TWEENING
1. Pengertian Tweening

Tweening adalah proses membuat sebuah animasi pergerakan dengan cara memberikan perubahan pada bentuk atau posisi objek dengan menentukan keyframe awal dan akhir sehingga dapat terbentuk frame-frame baru. Fungsi utama tweening adalah untuk menggerakkan objek dari satu titik ke titik lainnya.
Animasi motion tween digunakan apabila kita ingin membuat gerakan animasi yang teratur. Animasi ini sangat mengurangi waktu karena kita tidak perlu membuat animasi secara frame per frame. Sebaliknya, kita hanya perlu membuat frame awal dan frame akhir saja. Dua alasan utama mengapa Animasi motion tween sangat baik yaitu karena mengurangi pekerjaan mengambar dan meminimalkan ukuran file karena isi dari setiap frame tidak perlu disimpan.

2. Cara Kerja Tweening

Prinsip kerja dari animasi motion tween adalah membuat objek pada frame pertama dan terakhir saja, sedangkan frame-frame diantaranya akan dibuat secara otomatis. Objek yang dapat diaplikasikan dalam motion tween adalah objek instance (simbol), group dan teks. Animasi motion tween biasa digunakan untuk membuat animasi objek bergerak, berputar, dan mengubah ukuran (skala). Kita hanya perlu menentukan posisi pertama dan posisi terkakhir obyek.
Pada Adobe Flash Pro CS5, ada 3 jenis fitur tweening yang digunakan, yaitu Motion Tween, Shape Tween, dan Classic Tween. Untuk Adobe seri CS3, fitur Motion Tween berubah menjadi Classic Tween pada seri CS5. Sedangkan pada CS5 ada tambahan fungsi yang lebih memudahkan pengguna pada fitur Motion Tween, yakni munculnya garis guide secara otomatis sehingga memungkinkan pengguna untuk melakukan edit garis guide secara lebih bebas.

3. Contoh animasi dengan tweening:

Pada kegiatan ini akan diberi contoh cara pembuatan animasi sederhana menggunakan teknik tweening. Langkah – langkahnya sebagai berikut :
1) Buka halaman baru File à New à File Flash à OK
2) Pada menu Propeties tentukan size atau ukuran stage 550 x 200 pixel, warna Background Putih dan jumlah Frame per detik 12.
3) Ubahlah nama untuk Layer 1 dengan nama layer “Bola”.
4) Seleksi frame 1 pada layer Bola
5) Dengan menggunakan Oval Tool [O] buatlah lingkaran seperti pada latihan animasi frame by frame dan le takkan gambar bola di stage sebelah kiri.
6) Klik kanan pada object dan klik “Convert to Symbol”, kemudian beri nama symbol dengan bola. Setelah itu klik kanan lagi pada object dan klik “Create Motion Tween”. Penunjuk timeline merah otomatis akan bergeser ke frame 25. Penunjuk tersebut bisa digeser ke kanan dan ke kiri untuk menentukan dimana akhir animasi objek sesuai dengan kebutuhan
7) Klik pada frame 25 layer Bola , kemudian geser object ke arah kanan,
8) Keadaan frame setelah ditambah Motion Tween
9) Cek hasil Movie dengan menekan Ctrl + Enter
10) Anda juga bisa bereksperimen dengan menambahkan frame setelah frame terakhir, dan menggeser kembali arah bola ke posisi yang lain.Setelah mencoba praktek menggunakan Motion Tween, Anda bisa membandingkan dengan hasil animasi frame by frame. Dari segi hasil, perbedaannya tidak terlalu jauh, tetapi dari segi proses, penggunaan animasi dengan Motion Tween lebih mudah dan praktis karena hanya menentukan posisi awal dan posisi akhir dari objek yang akan digerakkan

Komentar

Postingan Populer