SUMBU KOORDINAT 3D
SUMBU KOORDINAT BASIC 3D
a. Basic 3D
1) Pivot 3D
Tampilan Sumbu Koordinat 3D Blender 3D
Dalam mempelajari software 3D khususnya Blender harus
memahami terlebih dulu posisi dan fungsi sumbu 3D (pivot). Sumbu yang terdapat
pada software Blender terdiri atas:
• Sumbu X yang ditandai dengan warna merah adalah sumbu
posisi horisontal atau sumbu yang berfungsi untuk menggerser objek ke arah
kanan dan ke kiri.
• Sumbu Y yang ditandai dengan warna hijau adalah sumbu
posisi horisontal atau sumbu yang berfungsi untuk pergeseran objek ke arah
depan dan ke arah belakang.
• Sumbu Z yang ditandai dengan warna biru adalah sumbu
posisi vertikal atau sumbu yang digunakan untuk menggeser objek ke arah atas
dan ke bawah.
Untuk memudahkan mengingat sumbu koordinat 3D pada sumbu
X,Y, dan Z dapat menggunakan jari-jari
Pada gambar terdapat posisi jari tengah mewakili sumbu X
ditunjukan dengan warna merah, jari telunjuk mewakili sumbu Y ditunjukan dengan
warna hijau, dan ibu jari yang tegak mewakili sumbu Z ditunjukan dengan warna
biru.
Dalam penggunaan software Blender posisi navigasi akan
muncul pada pojok sebelah kiri bawah, navigasi berfungsi untuk memudahkan
pengguna software untuk panduan mengarahkan perpindahan posisi objek 3D.
Komentar
Posting Komentar