SUMBU KOORDINAT 3D

SUMBU KOORDINAT BASIC 3D



a. Basic 3D

1) Pivot 3D
Tampilan Sumbu Koordinat 3D Blender 3D



Dalam mempelajari software 3D khususnya Blender harus memahami terlebih dulu posisi dan fungsi sumbu 3D (pivot). Sumbu yang terdapat pada software Blender terdiri atas:
• Sumbu X yang ditandai dengan warna merah adalah sumbu posisi horisontal atau sumbu yang berfungsi untuk menggerser objek ke arah kanan dan ke kiri.
• Sumbu Y yang ditandai dengan warna hijau adalah sumbu posisi horisontal atau sumbu yang berfungsi untuk pergeseran objek ke arah depan dan ke arah belakang.
• Sumbu Z yang ditandai dengan warna biru adalah sumbu posisi vertikal atau sumbu yang digunakan untuk menggeser objek ke arah atas dan ke bawah.
Untuk memudahkan mengingat sumbu koordinat 3D pada sumbu X,Y, dan Z dapat menggunakan jari-jari

Pada gambar terdapat posisi jari tengah mewakili sumbu X ditunjukan dengan warna merah, jari telunjuk mewakili sumbu Y ditunjukan dengan warna hijau, dan ibu jari yang tegak mewakili sumbu Z ditunjukan dengan warna biru.

Dalam penggunaan software Blender posisi navigasi akan muncul pada pojok sebelah kiri bawah, navigasi berfungsi untuk memudahkan pengguna software untuk panduan mengarahkan perpindahan posisi objek 3D.

Komentar

Postingan Populer