APA ITU ANIMASI 3D

ANIMASI 3D




Penertian animnasi 3D

   Animasi 3d adalah suatu penciptaan gambar bergerak dalam ruang digital 3dimensi. Hal ini dibuat dengan membuat frame dengan mensimulasikan  masing masing gambar, diFilmkan dengan kamera virtual yang outputnya dalam bentuk video yang sudah direndering. Animasi 3d sendiri merupakan pengembangan dari animasi2d dimana objek dari animasi terlihat hidup.
Prinsip Animasi
 Prinsip dalam pembuatan animasi  3dimensi sendiri sama dengan prinsip animasi 2d, yang diantaranya:
             solid drawing
             squash and stretch
             Anticipation
             staging
             straight ahead dan pose to pose
             slow in dan slow out
             arch /konstruksi lengkung
             Timing atau penentuan waktu

Konsep animasi 3D

  konsep animasi 3d sendiri merupakan sebuah model yang memiliki bentuk, volume, dan ruang.
Sehingga objek memiliki koordinat x, y, z. berbeda dengan animasi 2d yang hanya dapat digerakan ke kanan- kiri(x) dan atas- bawah(Y) . Sementara 3d dapat digerakan ke tiga arah yakni kanan- kiri(x) atas- bawah(Y) dan depan- belakang(z).
  Pada umumnya objek 3d mempunyai sub objek berupa elemen elemen pembentuk objek tersebut yang berbentuk vertex, edge dan face. Titik yang terletak di koordinat x, y, z merupakan vertex. sementara penggabungan dua vertex disebut edge. tiga vertex dan edge yang terbentuk dalam bidang permukaan berupa kurva kutub akan dihasilkan face. sementara hubungan dari vertex, edge, dan face disebut Mesh.

Jenis permodelan
Ada dua jenis permodelan dalam animasi 3d yaitu hardsurface dan organic,
a) Hardsurface merupakan segala bentuk objek yang dibuat atau dikonstruksi oleh manusia, seperti arsitektur, kendaraan, robot, dan mesin lainnya.
b) Organic merupakan subjek yang sudah alami di alam seperti, hewan, tumbuhan, bebatuan, petir, dan lainnya.

Proses pembuatan 3D

Modelling
prooses pembuatan objek 3d dikomputer. model dapat beruba manusia, hewan, tumbuhan atau berupa benda mati seperti mobil atu motor. untuk lebih proporsional model yang dibuat harus sesuai dengan sketsa desain atau model yang dibuat.

Texturing
proses pembuatan pemberian warna dan material objek yang sudah dimodelkan sebelumnya sehingga lebih tampak suatu kesan nyata.

Rigging
merupakan proses pembuatan tulang. atau fungsi pada objek yang fungsinya sama seperti tulang.

Lighting
Proses pembuatan atau poemberian cahaya pada objek sehingga diperoleh kesan visual yang realistis
karena ada kesan bayangan (shadow).

Software pembuat animasi 3D



  Banyak sekali software software yang dapat digunakan dalm pembuatan animasi 3dimensi diantaranya Auto desk Maya, Auto desk Maya 3DMask, Posser, Zbrush, lightwave, Carara, cinema 4d, Autodesk Mudbox, Dan Blender. Untuk Blender sendiri merupakan software gratis yang dapat digunakan bagi kalian yang ingin mencoba belajar animasi 3d, selain Free atau gratis blender ini juga sudah teruji kapasitasnya karena hasil animasi yang dibuatnya sudah aada yang mungkin kita pernah melihatnya yaitu animasi Adit & Sopo Jarwo, keuntungan software yang satu ini selain free juga dalm biaya produksi dalam pembuatan animasi yang lebih irit biaya dikarenakan free itu tadi. 

Perbedaan Animasi 2D dan 3D
Biasanya jenis animasi yang di kenal oleh banyak orang yaitu animasi 2D dan 3D. Perbedaan animasi 2D dan 3D dapat di lihat dari sudut pandangnya. Animasi 2D menggunakan koordinat x dan y serta animasi 3D menggunakan koordinat x, y, dan z sehingga kita dapat melihat objek lebih nyata.

Animasi 2D



Animasi 2D dapat juga di sebut dengan film kartun. Asal nama kartun sebenarnya berasal dari kata cartoon yang memiliki arti gambar yang lucu. Contohnya yaitu Tom and Jerry, Doraemon, Lonney Tunes dan lain sebagainya.

Animasi 3D

Animasi 3D merupakan pengembangan dari animasi animasi 2D. Dengan menggunakan animasi 3D, aniamsi yang kita lihat akan semakin hidup dan nyata, mendekati wujud asli manusia atau karakter yang lainnya. Contohnya yaitu, Toy Story, Monster Inc, Finding Nemo dan lain sebagainya.

Komentar

Postingan Populer